WHO AM I?

I PUTU JUNIARTHA SEMARA PUTRA POLTEKKES KEMENKES DENPASAR JURUSAN KEPERAWATAN

Thursday, July 12, 2012

SEJARAH HOME CARE JILID I

Juniartha Semara Putra

SEJARAH HOME CARE
Perawatan di rumah merupakan aspek keperawatan komunitas yang berkembang paling pesat. Antara tahun 1988-1992, jumlah perawat yang melakukan perawatan di rumah meningkat menjadi 50%. Pada awalnya, keperawatan komunitas dimulai dengan pelayanan yang diberikan bagi orang-orang miskin di rumah mereka.
William Rathbone memulai program perawat yang berkunjung ke rumah (visiting nurse) pada tahun 1859, setelah istrinya meninggal dan dirawat oleh seorang perawat di rumahnya. Selanjutnya di akhir tahun 1800-an, Amerika Serikat mendirikan perkumpulan perawat yang datang ke rumah karena tingginya imigrasi di Amerika yang menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit menular sampai dengan awal abad ke-19, perawatan bagi orang sakit dan orang cacat di rumah-rumah mereka menjadi bentuk tradisional dari pelayanan kesehatan bagi kebanyakan orang (Spiegel, 1987).
Di tahun 1940-an, rumah sakit mulai menunjukkan keberhasilannya pada perawatan di rumah karena meningkatnya jumlah orang yang sakit kronis. Perkumpulan-perkumpulan visiting nurse semakin menjamur di berbagai kota besar dan kecil, sampai akhirnya di awal tahun 1980-an digunakan sistem Diagnostic – Related Groups (DRGs) untuk menurunkan lama rawat inap dari seorang pasien. Pelayanan perawatan di rumah selanjutnya dipandang bukan hanya sebagai cara yang terpilih untuk memberikan perawatan pada klien, tetapi juga merupakan cara yang paling murah.
Dalam kegiatan kongres ICN 13 July 2009 di Afrika Selatan dibahasSharing experience tentang Home Based Carre dan Primary Health care dimasing masing negara. Permasalahan dinegara berkembang hampir sama yaitu communicable disease dan kurangnya sumber daya baik tenaga perawat maupun fasilitas, termasuk teknologi serta pentingnya kompetensi perawat dalam melaksanakan Home Based care dengan aspek legal yang kuat dalam praktek.

DEFENISI HOME CARE
Menurut Depkes RI (2002) mendefinisikan bahwa home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu, keluarga, di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, memulihkan kesehatan/memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacatan akibat dari penyakit. Layanan diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien/keluarga yang direncanakan, dikoordinir, oleh pemberi layanan melalui staff yang diatur berdasarkan perjanjian bersama. www.rajawana.com
Homecare adalah perawatan pasien di rumah yang melibatkan anggota keluarga dalam proses perawatan dan penyembuhan pasien. Perawatan ini dibantu oleh tim kesehatan profesional (dokter, perawat atau fisiotherapist) yang bisa didatangkan ke rumah pasien sewaktu-waktu, jika diperlukan. 
 Rumah Sakit di kota besar biasanya mempunyai fasilitas homecare, artinya Rumah Sakit yang mempunyai pelayanan untuk menugaskan perawat atau tim kesehatan profesionalnya (dokter, perawat atau fisiotherapist) melakukan kunjungan perawatan ke rumah pasien. Umumnya pihak Rumah Sakit hanya menyediakan tenaga medis) saja. Sedangkan alat kesehatan yang dibutuhkan perawatan pasien seperti oksigen, kursi roda, nebulizer, suction pump harus disediakan oleh pasien.
Pelayanan keperawatan di rumah merupakan interaksi yang dilakukan di tempat tinggal keluarga, yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan keluarga dan anggotanya. Dari pengertian tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa tenaga kesehatanlah yang bergerak, dalam hal ini mengunjungi klien, bukan klien yang datang ke tenaga kesehatan. Hampir semua pelayanan kesehatan dapat diberikan melalui keperawatan di rumah, kecuali dalam keadaan gawat darurat. Diasumsikan bahwa klien dan keluarga yang tidak dalam kondisi gawat darurat, untuk tetap tinggal di masyarakatnya dan melakukan perawatan sendiri setelah ditinggal oleh perawat.

TUJUAN DASAR :
a.     Meningkatkan “support system” yang adekuat dan efektif, serta mendorong digunakannya pelayanan kesehatan
b.     Meningkatkan keadekuatan dan keefektifan perawatan pada anggota keluarga dengan masalah kesehatan dan kecacatan
c.      Mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang normal dari seluruh anggota keluarga dan keluarga, serta memberikan pendidikan kesehatan pada keluarga tentang peningkatan kesehatan dan pencegahan
d.     Menguatkan fungsi keluarga dan kedekatan antar anggota keluarga
e.      Meningkatkan kesehatan lingkungan
Tujuan tersebut digunakan untuk membantu keluarga menyelesaikan masalah-masalahnya yang oleh Simmons (1980) dikategorikan menjadi :
v Sikap hidup dan sumber-sumber pelayanan kesehatan.
v Penyimpangan status kesehatan.
v Pola dan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan.
v Dinamika dan struktur keluarga.
MANFAAT PERAWATAN PASIEN DI RUMAH
a.     Pasien lebih dekat dengan keluarganya sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman antara pasien dan keluarganya
b.     Melibatkan keluarga dalam perawatan pasien sehingga pasien tidak merasa diabaikan.
c.      Meningkatkan kualitas hidup pasien.
d.     Menghemat biaya, artinya keluarga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya (kamar) RS, transport pp rumah-RS untuk menemani pasien di RS
e.      Keluarga tidak kehilangan waktu dan tenaga untuk pergi-pulang ke rumah sakit.
PASIEN HOMECARE
Umumnya pasien homecare adalah :
a.     Penderita lanjut usia (lansia) yang tidak dirawat di Rumah Sakit tapi masih memerlukan pelayanan kesehatan.
b.     Bayi/Anak-anak yang berkebutuhan khusus dan memerlukan pelayanan kesehatan khusus untuk tumbuh kembang mereka. Contoh: penderita Autis, Down Syndrome, ADD/ADHD (Attention Defisit Disorders/ Attention Defisit Hyperactive Disorders), keterlambatan bicara, Cerebral Palsy (CP), dll. Bagi orangtua yang sibuk bekerja, biasanya mereka menyerahkan perawatan anak- anaknya kepada perawat khusus/baby sitter, ada baiknya anak juga dilatih oleh therapist khusus tumbuh kembang (developmental therapy); seperti terapi wicara, terapi okupasi, jika perlu.
c.      Pasien pasca rawat inap dari Rumah Sakit yang mempunyai kondisi berat dengan nyeri kronik seperti pasien stroke, hepatitis kronis, gagal ginjal, kanker stadium lanjut namun atas permintaan keluarga pasien itu dibawa pulang untuk perawatan lanjut di rumah.
d.     Pasien yang dinyatakan oleh ahli medis bahwa penyakitnya parah dan secara medis tidak dapat disembuhkan lagi. Andaikata pasien sudah tidak memiliki harapan untuk hidup maka Dokter biasanya menyarankan agar pasien dirawat di rumah agar dekat dengan keluarganya. Selain itu untuk membantu keluarga pasien untuk menekan biaya Rumah Sakit (sewa kamar di RS, dll.) dan biaya pengobatan.
e.      Khusus untuk perawatan pasien kronis atau penyakit yang secara medis tidak bisa disembuhkan lagi, perawatan Homecare biasanya lebih fokus pada penanggulangan rasa nyeri yang muncul akibat penyakit pasien. Nyeri yang diderita ini dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup pasien.(www.homecare@griyakami.com)
PROSES KEPERAWATAN PADA HOME CARE
Perawat melakukan proses keperawatan dengan melakukan assessment, menetapkan diagnosa, membuat suatu planning, melaksanakan rencananya, implementasi, melakukan review hasil dari perencanaan dan membuat penyesuaian pada hal-hal yang penting. Perawatan pasien dilakukan dengan cara:
a.     Perawat menolong melahirkan dan merawat ibu-ibu baru sebelum dan setelah persalinan
b.     Perawat menolong orang yang sakit dan terluka untuk menjadi lebih baik, sehat dan tetap sehat.
c.      Perawat melakukan pemeriksan fisik
d.     Perawat memberi obat dan treatmen yang telah diorder dokter
e.      Perawat memperhatikan kondisi emosional, sosial dan spiritual pasien
f.       Perawat meberi penkes pada pasien dan keluarga, menjelaskan apa yang dapat mereka lakukan pada saat proses pemulihan.
g.     Perawat memberi penkes dan konselling pada komunitas
h.     Perawat mengobservasi, mengkaji, mengevaluasi dan mencatat kondisi pasien dan perkembangannya, kemudian menginformasikan kepada dokter dan tim kesehatan lainnya.
i.       Perawat menolong pasien dan keluarganya untuk menentukan rumah sakit dan pelayanan kesehatan yang terbaik, home care, rehabilitasi, terapi fisik dan lain-lain
j.       Perawat mengatur aktivitas yang sesuai dengan kegiatan keperawatan.
k.     Perawat menolong pasien terminal agar meninggal dengan tenang dan menolong keluarga menghadapinya.
STANDAR KUALIFIKASI TENAGA KEPERAWATAN YANG DAPAT MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN KESEHATAN DI RUMAH :
Ners Generalis bertugas mendidik dan memberikan asuhan langsung, mengelola sumber-sumber untuk asuhan keperawatan, bekerja sama dengan disiplin yang lain, dan menyelia tenaga pembantu keperawatan. Ners generalis yang dimaksud yakni perawat dengan latar belakang pendidikan ners dan diploma III dengan pengalaman klinik.
Ners spesialis bertugas memberikan asuhan keperawatan langsung dengan ketrampilan spesialistik, melakukan konseling, menyusun kebijakan terkait dengan keperawatan dirumah, mengembangkan staf, menunjang atau mengembangkan sistem keperawatan kesehatan di rumah, menerima konsultasi dari ners generalis dan tenaga kesehatan lain terkait keperawatan di rumah.

HAK-HAK KLIEN DALAM PELAYANAN “HOME HEALTH CARE”
Klien mempunyai hak untuk diberi informasi secara tertulis sebelum pengobatan diberikan. Klien dan petugas mempunyai hak dan kewajiban untuk saling menghargai dan menghormati. Petugas dilarang menerima pemberian pribadi maupun meminjam sesuatu dari klien.
Klien mempunyai hak untuk :
a.     Membina hubungan dengan petugas sesuai dengan standar etik
b.     Memperoleh informasi tentang prosedur-prosedur yang harus diikuti
c.      Mengekspresikan kesedihan dan ketakutannya
d.     Klien mempunyai hak dalam pengambilan keputusan, dalam hal ini klien mempunyai hak untuk diberi tahu secara tertulis tentang pengaturan, jenis pelayanan yang diberikan, dan jumlah kunjungan rumah yang akan dilakukan
e.      Klien mempunyai hak untuk memperoleh nasehat-nasehat tentang rencana-rencana perubahan yang akan dilakukan
f.       Mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam perencanaan pelayanan keperawatan, perencanaan perubahan pelayanan serta nasehat-nasehat lainnya
g.     Klien mempunyai hak untuk menolak rencana perubahan tersebut
h.     Dalam hal “privacy”, klien mempunyai hak untuk dijaga kerahasiaan kondisi kesehatannya, hal-hal yang berhubungan dengan sosial ekonomi, serta hal-hal yang dilakukan di rumahnya
i.       Perawat atau petugas hanya akan memberikan informasi bila diperlukan secara hukum atau bila diperlukan oleh klien atau keluarganya
j.       Dalam hal finansial, klien mempunyai hak untuk diberi informasi tentang biaya yang harus dikeluarkan, memberikan informasi pembiayaan dengan jelas.
k.     Klien mempunyai hak untuk memperoleh pelayanan dengan kualitas yang tinggi, serta berhak mendapat informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan keadaan emergensi.

No comments: