Juniartha Semara Putra
PEDOMAN PENGUMPULAN DATA ANAK
(SEHAT MAUPUN SAKIT)
I.
IDENTITAS
A. Anak
1. Nama :
…………………………………………………
2. Anak
yang ke : …………………………………………………
3. Tanggal
lahir/umur : …………………………………………………
4. Jenis
kelamin : …………………………………………………
5. Agama : …………………………………………………
B. Orang
tua
1. Ayah
a. Nama :
…………………………………………………(kandung/tiri)
b. Umur : …………………………………………………
c. Pekerjaan : …………………………………………………
d. Pendidikan : …………………………………………………
e. Agama
: …………………………………………………
f.
Alamat :
…………………………………………………
2. Ibu
a. Nama :
…………………………………………………(kandung/tiri)
b. Umur : …………………………………………………
c. Pekerjaan : …………………………………………………
d. Pendidikan : …………………………………………………
e. Agama : …………………………………………………
f.
Alamat :
…………………………………………………
II.
GENOGRAM
III.
ALASAN DIRAWAT
a) Keluhan
Utama :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
b) Riwayat
Penyakit :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
IV.
RIWAYAT ANAK (0 – 6 TAHUN), tergantung penyakit
A. Perawatan
dalam masa kandungan :
Dilakukan pemeriksaan kehamilan/tidak
………………………………………………………………………...
Berapa kali ………………………………….. Kapan ……………………………………..Tempat di …………………………………… Kesan
pemeriksaan tentang kehamilan ……………………………………
…………………………………… Obat-obat yang telah
diminum …………………………………………………
……………………. Imunisasi ……………………………… Pemeriksaan lain ……………………………………..
Penyakit yang pernah diderita ibu …………………………………………….. Penyakit dalam
keluarga …………………………………………………………………………………………………………………………..
B. Perawatan
pada waktu kelahiran :
Umur kehamilan ………………………………….dilahirkan di ……………………………………………………..
Ditolong oleh ………………………………………………………… Berlangsungnya kelahiran
(biasa/susah/dengan tindakan) …………………………………….…… Lamanya proses
persalinan
……………………………………. Keadaan bayi setelah
lahir ……………………………………………………….
BB lahir ………………….. PBL ………………………. LK/LD
………………………………
V.
KEBUTUHAN BIO-PSIKO-SOSIAL-SPIRITUAL DALAM
KEHIDUPAN SEHARI-HARI
A. Bernafas
1. Kesulitan
bernafas : ada/tidak
2. Kesulitan
dirasakan : menarik/mengeluarkan nafas
3. Keluhan
yang dirasa :
4. Suara
nafas :
B. Makan
dan minum
Bayi :
ASI/PASI :
(Berapa kali, pengenceran, sampai umur
berapa, alasan)
Makanan pendamping ASI :
Makanan cair (air buah/sari buah) diberi
umur ……………………………………
Bubur susu diberi umur ……………………………………
Nasi tim saring diberi umur ………………………………….
Nasi tim diberi umur ………………………………………..
Makanan tambahan lainnya …………………………….. diberi umur.
Pola makan …………………… (berapa kali sehari/selang-seling ASI).
Anak-anak
Keadaan sebelum sakit (nafsu makan, berapa kali sehari, jenis makanan
pokok, jenis lauk, jenis sayuran, jenis buah, makanan pantang, kebiasaan makan
termasuk cara menyajikan makanan, jenis makanan selingan, kebiasaan jajan)
…….............................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
Keaadan saat sakit bagaimana
………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
C. Eliminasi
(BAB/BAK)
Bias memberitahu / tidak, melakukan
sendiri/ditolong, tempat bab/bak, frekuensi, warna, bau, konsistensi, kelainan
…………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
D. Aktifitas
Permainan
Suka bermain (ya/tidak), permainan yang
disukai,
Mainan yang dimiliki, teman bermain ……………………………………………………………………….......
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
E. Rekreasi
Pernah / jarang / kadang-kadang, jenis rekreasi ………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
F. Istirahat
dan tidur
Kebiasaan istirahat.
Kebiasaan tidur : (mencuci kaki sebelum
tidur, kencing sebelum tidur, mengompol, mengorok, mengigau, sering terjaga,
kebiasaan tidur yang lain ada/tidak, tidur malam mulai jam berapa, bangun pagi
jam berapa, tidur sendiri/ditemani. Biasa tidur siang/tidak, berapa jam
…………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
G. Kebersihan
diri
Mandi :
Mandi sendiri/dibantu oleh ………………………..
Di ………………………………………………………………
Memakai sabun/tidak ……………………………………
Dikeringkan dengan handuk/tidak …………………………
Gosok gigi : (dikerjakan
sendiri/ditolong, menggunakan pasta gigi, waktu menggosok gigi) …………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
H. Pengaturan
suhu tubuh …………………………………………………………………………………………........
..................................................................................................................................
……………………………………………………………………….
I.
Rasa nyaman
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………….
J.
Rasa aman ………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
K. Belajar
(anak dan orangtua)
Pengetahuan tentang makanan, sebab-sebab
penyakit, kesehatan lingkungan, personal hygiene, tumbuh kembang anak,
pendidikan seks, keluarga berencana ………………........
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
L. Prestasi
Kepandaian anak sekarang, prestasi yang dimiliki
………………………………………………….........
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
M. Hubungan
sosial anak
Hubungan inter keluarga (orang yang
dirasa paling dekat, orang yang dominan, orang yang disegani, hubungan,
komunikasi anak dan orang tua serta anggota keluarga lain) ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
N. Melaksanakan
ibadah (kebiasaan, bantuan yang diperlukan terutama saat anak sakit)
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
VI.
PENGAWASAN KESEHATAN
Bila sehat
diawasi di tidak/ya di puskemas, dokter, dll
Bila sakit minta pertolongan kepada
……………………………………………………………………………
Kunjungan ke Posyandu
……………………………………………………………………………….
Pengawasan anak dirumah
……………………………………………………….
Imunisasi ( 1
– 5 tahun)
Imunisasi
|
Umur
|
Tgl diberikan
|
Reaksi
|
Tempat Imunisasi
|
BOG
DPT I, II, III
HB I, II, III
CAMPAK
Tambahan / anjuran
|
|
|
|
|
VII.
PENYAKIT YANG PERNAH DIDERITA
No
|
Jenis
Penyakit
|
Akut/Kronis
/Menular/tidak
|
Umur saat
sakit
|
Lamanya
|
Pertolongan
|
|
|
|
|
|
|
VIII.
KESEHATAN LINGKUNGAN
…………………………………………………………………………………………………....................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
IX.
PERKEMBANGAN ANAK (0 – 6 tahun)
(Motorik kasar, motorik halus, bahasa,
personal sosial)
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
X.
PEMERIKSAAN FISIK
A.
Kesan
umum (kebersihan, pergerakan, penampilan/postur/bentuk tubuh, termasuk status
gizi)
B. Warna
kulit (pucat, normal, cyanosis, ikterus, kelainan ………………………………………………)
C. Suara
waktu menangis :…………………………………………………………
D. Tonus
otot :……………………………………………………………………
E. Turgor
kulit :…………………………………………………….
F. Udema
: ada/tidak, di …………………………….
G. Kepala
Bentuk, keaadaan rambut dan kulit kepala, UUB, adanya kelainan
……………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
H. Mata
:
Bentuk bola mata, pergerakannya, keadaan
pupil, konjungtiva, keadaan kornea mata, sclera, bulu mata serta ketajaman
penglihatan ……………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
I.
Hidung :
Adanya secret, pergerakkan cuping
hidung, adanya suara saat bernafas, gangguan lain
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
J.
Telinga
Kebersihan, keadaan alat pendengaran, kelainan
…………………………………………….............
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
K. Mulut:
Kebersihan daerah sekitar mulut, keadaan
selaput lendir, keadaan tenggorokan, kelainan. Keadaan gigi (berlubang, karang
gigi, kebersihan gigi, gusi, kerusakan lain) keadaan lidah …………………………………………………………………………………………………………........
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
L. Leher:
Pembesaran kelenjar/pembuluh darah, kaku
kuduk, pergerakkan leher …………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
M. Thoraks:
Bentuk dada, irama pernafasan, tarikan
otot bantu pernafasan, adanya suara nafas ……..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
N. Jantung
: (bunyi, pembesaran)
O. Persarafan
: (seflek fisiologis, reflek patologis)
P. Abdomen
:
Bentuk, pembesaran organ, keadaan pusat,
teraba skibala, massa ,
nyeri pada perabaan, distensia, hernia, peristaltic
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Q. Ekstremitas
:
Kelainan bentuk, pergerakan, reflek lutut, adanya udem, keadaan unjung
ekstremitas, hal-hal lain …………………………………………………………………………………………………………………......
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
R. Alat
kelamin : ……………………………………………………………….
S. Anus
: …………………………………………………………………………..
T. Antropometri
(ukuran pertumbuhan)
1. BB
= kg
2. TB
= cm
3. Lingkar
kepala = cm
4. Lingkar
dada = cm
5. Lingkar
lengan = cm
U. Gejala
kardinal :
1. Suhu =
2. Nadi =
3. Pernafasan =
4. Tekanan
darah =
XI.
PEMERIKSAAN PENUNJANG
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
XII.
HASIL OBSERVASI
1. Interaksi
anak dengan orang tua
2. Bentuk/arah
komunikasi
3. Ambivalensi/kontradiksi
Prilaku
4. Rasa
aman anak
No comments:
Post a Comment